Mengolah database sederhana pada Ms. Excel 2003
Ms. Excel yang sejatinya sebagai aplikasi pengolah angka dilengkapi juga
dengan kemampuan untuk mengolah database, walaupun terkesan sederhana dan tak
selengkap access tapi saya rasa cukup membantu untuk memudahkan pekerjaan di
kantor yang berhubungan dengan administrasi.
Baik langsung saja saya akan sedikit mengupas cara mengolah database di Ms.
Excel di sini saya khususkan excel 2003, kenapa excel 2003 karena disekolah
tempat saya mengajar materi office yang diajarkan masih office 2003 dan
kebetulan masih banyak siswa yang belum paham dengan materi ini.
Database adalah dokumen yang berisi data yang disusun berdasarkan kolom dan
baris dalam suatu range (kumpulan cell). Di dalam database dikenal istilah
field dan record. Field adalah tempat data atau informasi dari suatu kelompok
yang sejenis yang juga merupakan struktur data yang menjadi baris kolom. Record
adalah bagian dari baris yang data-datanya tersusun dengan lengkap dari
kelompok yang sama dan sejenis.
Untuk membuat database langkah pertama adalah kita ketikan field terlebih
dulu, contoh liat di gambar.
Setelah field dibuat kemudian kita blok field tersebut baru kemudian kita ketik recordnya, yaitu dengan cara Klick
menubar Data, form sampai jendelah isian formulir muncul dan biasanya ada
pertanyaan notifikasi kita pilih OK.
Setelah semua record selesai kita isi kemudian kita pilih close. nah selesailah database kita buat. semoga bermanfaat.
Komentar
Posting Komentar